Agyat Nusa Gemerlap Nusantara 2015

   POSTAR adalah sebuah organisasi yang bergerak di bidang seni dan berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Jakarta. POSTAR memiliki tujuh elemen yang terdiri dari:
1.       Gamelan Sunda (Degung Sunda Tarbiyah)
2.       Gamelan Jawa (Karawitan Jawa)
3.       Tari Tradisional
4.       Paduan Suara (PSM-FITK)
5.       Kepenulisan dan Teater (LST)
6.       Marawis
7.       Band
       Sebagai salah satu wujud mengembangkan bakat dan kreativitas dari elemen-elemen tersebut, POSTAR menyelenggarakan sebuah kegiatan yakni  pementasan rutin yang biasa disebut Pentas Tunggal. Kegiatan Pentas Tunggal POSTAR yang kali ini bertemakan Nusantara Indonesia, memiliki makna persatuan Indonesia yang isinya berupa konser musik nyanyian dan tarian yang menggambarkan wajah Indonesia dari Sabang sampai Merauke.
       Pertunjukan Pentas Tunggal POSTAR yang merupakan sebuah pertunjukan ansambel musik Nusantara, mulai dari Gamelan Jawa, Gamelan Sunda, Marawis, sampai musik modern (band) akan dipadukan dengan paduan suara dan tarian serta perpaduan teater di dalamnya dengan membawakan lagu-lagu yang telah di aransemen sesuai dengan keunikan Pojok Seni Tarbiyah. Pentas Tunggal ini ditujukan kepada seluruh mahasiswa dan masyarakat dari berbagai kalangan sosial budaya yang beragam.
       Pertunjukan ini dipersembahkan untuk memperkenalkan kebudayaan Indonesia (tradisional), mengajak masyarakat untuk lebih mencintai dan melestarikan kebudayaan lokal sebagai kekayaan Indonesia. Hal tersebut dilatar belakangi  dengan melihat kondisi saat ini di mana kebudayaan Indonesia semakin terkikis. Pengikisan tersebut disebabkan oleh adanya pengaruh dari luar seperti gaya hidup, kebiasaaan, dan lain sebagainya sehingga masyarakat lebih tertarik dengan kebudayaan asing dibanding dengan kebudayaan di negerinya sendiri.

Dalam acara ini, POSTAR UIN Jakarta bekerjasama (Media Partner) dengan @budayainonesia_  dalam melancarkan kegiatan tersebut. Kami dari @budayaindonesia_ sangat mendukung acara tersebut, karena kami @budayaindonesia_ sangat mengapresiasi kepada generasi muda terutama (Mahasiswa) yang mau mejaga dan merawat budaya dan kesenian bangsa ini. Mahasiswa sebagai "Agent Of Change" harus mampu memperkenalkan aset budaya dan kesenian bangsa ini kepada anak-anak muda maupun orang luar negeri. Semoga acara ini tetap berkelanjutan dan bermanfaat bagi bangsa dan negara. 

Comments

Popular Posts